Politik | Rabu, 06 November 2019 - 11:11 WIB

India Batal Ikut Blok Dagang Terbesar di Dunia, Cina Pemicunya?

India Batal Ikut Blok Dagang Terbesar di Dunia, Cina Pemicunya?

Author:

Maulidia Septiani

Politik

06 November 2019

11:11 WIB

Perdana Menteri India Narendra Modi mengundurkan diri dari blok dagang terbesar di dunia yang beranggotakan 10 negara ASEAN dan 5 negara mitra di detik-detik akhir kesepakatan dibuat di Bangkok, Thailand.

Berdasarkan laporan Reuters, 4 November 2019, Modi menyatakan menolak bergabung dengan pakta perdagangan Regional Comprehensive Economic Partnership atau RECP karena tidak mau menyakiti petani, pengusaha, pekerja, dan konsumen di negaranya. Modi mengatakan, dirinya bertanggung jawab atas kepentingan rakyat India.

Perjanjian RCEP dengan penghormatan pada kepentingan semua orang India, tidak mendapatkan jawaban yang positif. Baik Tasliman Gandhiji maupun nurani nya sendiri tidak membolehkan Modi bergabung dengan RCEP. Pernyataan Bapak bangsa Mahatma Gandhi untuk selalu memikirkan yang termiskin di masyarakat dalam situasi meragukan. Meski mengundurkan diri, pintu bagi India untuk bergabung dengan RCEP tetap dibuka.

Dengan India mundur, RCEP resmi beranggotakan 15 negara yakni 10 negara ASEAN dan 5 negara mitra ASEAN yakni Cina, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru. Masing-masing negara akan menandatangani pembentuan pakta ekonomi ini tahun depan. PM Narendra Modi mengkhawatirkan kesepakatan pembentukan RCEP akan berdampak pada penghapusan secara gradual sejumlah tarif, membuka pasar-pasarnya untuk kebanjiran barang=barang murah dari Cina dan produk pertanian dari Australia dan Selandia Baru yang dapat mencederai para produser India.
 

Terpopuler