Ekonomi | Selasa, 22 Maret 2022 - 13:01 WIB

Perang Rusia-Ukraina Dikhawatirkan Mempengaruhi Krisis Ekonomi Dunia

Perang Rusia-Ukraina Dikhawatirkan Mempengaruhi Krisis Ekonomi Dunia

Author:

Maulidia Septiani

Ekonomi

22 Maret 2022

13:01 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai kelangkaan energi dan pangan, dan inflasi global, di tengah perang Rusia-Ukraina akan memperparah krisis ekonomi dunia saat ini. Padahal, perekonomian dunia belum benar-benar pulih setelah dihantam pandemi covid-19 lebih dari dua tahun terakhir. Perang yang membuat pusing semua negara ini akan memperdalam krisis perekonomian dan meningkatkan ketegangan politik dunia.

Kenaikan harga minyak mentah, serta harga gas, harga pangan, seperti gandum pun ikut naik. Tak terkecuali harga komoditas barang tambang dan batu bara. Kenaikan harga-harga dibayangi dengan lonjakan inflasi. Permasalahan ini menjadi tantangan banyak negara, termasuk juga Indonesia. Oleh karenanya agar kebijakan yang diterbitkan cepat dan tepat dengan implementasi yang efektif. Salah satunya, investasi yang masuk mampu menciptakan tenaga kerja.

Lalu, hilirisasi komoditas untuk meningkatkan nilai ekspor dan memperbaiki neraca pembayaran, termasuk menggerakkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja di dalam negeri. Indonesia bisa mengakselerasi perekonomian jauh lebih baik tahun ini dan memperkokoh perekonomian negara.
 

Terpopuler