Komoditi | Selasa, 30 Agustus 2022 - 09:09 WIB

Rencana OPEC Pangkas Produksi, Harga Minyak Naik 4 Persen

Rencana OPEC Pangkas Produksi, Harga Minyak Naik 4 Persen

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

30 Agustus 2022

09:09 WIB

Harga minyak mentah dunia menguat hingga 4 persen pada akhir perdagangan kemarin.
Penguatan tak lepas dari prospek berkurangnya produksi Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekuturnya serta konflik di Libya.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Oktober naik US$3,95 atau 4,2 persen ke US$97,01 per barel. Penguatan juga terjadi pada harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober menguat US$4,1 atau 4,1 persen ke US$105,09 per barel.

Harga minyak menanjak di tengah harapan pengurangan produksi dari OPEC dan sekutunya demi memulihkan keseimbangan pasar dalam menghadapi kebangkitan kembali kesepakatan nuklir Iran. Rencananya, OPEC dan sekutunya menggelar pertemuan yang menentukan arah kebijakan produksi pada 5 September mendatang.  

Penguatan harga juga terjadi berkat proyeksi gangguan pasokan di tengah kerusuhan di Libya. Akhir pekan lalu, kerusuhan yang pecah menewaskan 32 warga Libya dan memantik kekhawatiran konflik akan berkembang lebih besar.

Di sisi lain, kenaikan harga minyak dibatasi oleh penguatan dolar AS yang menyentuh level tertinggi dalam 20 tahun terakhir. Dolar AS kian perkasa usai Gubernur Bank Sentral AS The Federal Reserve Jerome Powell memberikan sinyal akan menjaga tingkat suku bunga tetap tinggu untuk beberapa waktu untuk mengendalikan inflasi. Sementara penguatan dolar akan membatasi harga komoditas secara umum, masalah kurangnya pasokan di pasar minyak kemungkinan akan terus mendukung kecenderungan kenaikan harga.
 

Terpopuler