Komoditi | Rabu, 15 Pebruari 2023 - 11:11 WIB

Rencana AS Lepas Cadangan, Harga Minyak Anjlok 

Rencana AS Lepas Cadangan, Harga Minyak Anjlok 

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

15 Pebruari 2023

11:11 WIB

Hari ini harga minyak dunia merosot lebih dari 1 persen. Harga minyak mentah berjangka jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret tergelincir US$1,08 atau 1,4 persen ke US$79,06 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara itu, minyak mentah berjangka jenis Brent untuk pengiriman April merosot US$1,03 atau 1,2 persen ke US$85,58 per barel di London ICE Futures Exchange.

Pelemahan ini dipicu karena adanya pengumuman Departemen Energi AS (DoE) yang mengatakan akan menjual 26 juta barel minyak dari cadangan minyak strategisnya ke pasar. Hal tersebut juga dipicu oleh pernyataan Badan Informasi Energi AS (EIA) pada Senin lalu tentang proyeksi rekor produksi tujuh cekungan serpih terbesar di AS pada Maret nanti. Namun pelemahan itu tertahan laporan bulanan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang memproyeksikan permintaan minyak naik 100 ribu barel per hari pada tahun ini.

Kenaikan salah satunya dipicu pelonggaran lockdown covid di China.  Laporan pasar minyak bulanan OPEC menghasilkan optimisme yang hati-hati. Pelonggaran lockdown di China bisa berdampak pada kenaikan permintaan minyak.
 

Terpopuler