Komoditi | Jumat, 19 Juli 2019 - 09:09 WIB

Pelemahan Dolar AS Topang Harga Emas yang Stabil di Level Tertinggi

Pelemahan Dolar AS Topang Harga Emas yang Stabil di Level Tertinggi

Author:

Melia Purvita Sari

Komoditi

19 Juli 2019

09:09 WIB

Harga emas di pasar spot stabil pada penutupan perdagangan di hari Kamis (Jumat pagi waktu Jakarta) karena dolar yang melemah efek dari meningkatnya ekspektasi penurunan suku bunga oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed.
 
Mengutip CNBC, pada hari Jumat (19.07.2019), harga emas di pasar spot stabil di level USD 1.426 per ounce. Ini setelah menyentuh level tertinggi sejak 3 Juli di USD 1.429. Sedangkan untuk harga emas berjangka naik 0,3 persen menjadi USD 1.427 per ounce.
 
Harga emas melonjak sekitar 1,5 persen di sesi sebelumnya karena dolar jatuh setelah data perumahan AS lebih lemah dari yang diperkirakan. Mata uang AS tersebut terakhir turun sekitar 0,1 persen terhadap rival utama.
 
"Dolar telah kembali melemah, dan ini telah memungkinkan emas untuk menemukan minat beli baru setelah reli hari Rabu," kata Analis.
 
Harga emas sempat jatuh ke level terendah USD 1,414.36 di awal sesi, tetapi pulih setelah dolar melemah.
 
"Tren jangka panjang emas berada di arah bullish sehingga para pedagang senang untuk terus memudar dalam apa yang merupakan latar belakang fundamental yang mendukung dengan dolar dan saham berjuang," ungkap dia.

Terpopuler