Komoditi | Senin, 13 Juni 2022 - 11:11 WIB

Minyak Dunia Juga Anjlok Hampir 1 Persen Pengaruh Inflasi AS 

Minyak Dunia Juga Anjlok Hampir 1 Persen Pengaruh Inflasi AS 

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

13 Juni 2022

11:11 WIB

Harga minyak mentah dunia merosot hampir 1 persen pada perdagangan Jumat lalu. Pagi ini harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus turun US$1,06 atau 0,9 persen menjadi US$122,01 per barel.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Juli turun 84 sen atau 0,7 persen menjadi US$120,67 per barel. Kedua harga acuan itu turun lantaran inflasi AS melonjak dan sebagian wilayah di China kembali memberlakukan lockdown.

Pelemahan harga minyak sejalan dengan harga saham Wall Street yang juga terkoreksi pada perdagangan akhir pekan lalu. Saham AS anjlok setelah pemerintah setempat mengumumkan inflasi melesat ke level 8,6 persen pada Mei 2022 atau menjadi yang tertinggi dalam 41 tahun terakhir.

Pasar khawatir lonjakan inflasi AS akan membuat The Fed semakin agresif mengerek suku bunga acuan. Kekhawatiran itu bisa menjadi indikator kebiasaan konsumen dan meskipun permintaan bensin kuat sekarang, itu pertanda di masa depan bahwa jika harga bensin tidak stabil maka konsumen akan mengurangi pembelian.

Namun secara keseluruhan harga minyak mentah berjangka Brent masih membukukan kenaikan 1,9 persen sepanjang pekan lalu. Sama seperti minyak mentah berjangka WTI yang tampak menguat 1,5 persen sepanjang pekan lalu.
 

Terpopuler