Komoditi | Kamis, 02 September 2021 - 12:12 WIB

Harga Minyak Stabil Usai Kesepakatan OPEC+

Harga Minyak Stabil Usai Kesepakatan OPEC+

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

02 September 2021

12:12 WIB

Harga minyak dunia stabil usai OPEC+ menyepakati meningkatkan produksi secara bertahap pada perdagangan Rabu (1/9), waktu Amerika Serikat (AS). Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober naik 9 sen menjadi US$68,59 per barel pada perdagangan di New York Mercantile Exchange.

Sementara, minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober dibanderol turun tipis 4 sen menjadi US$71,59 per barel di London ICE Future Exchange.

Dalam pertemuan, OPEC+ menyetujui tetap berpegang pada kebijakan sebelumnya, menambahkan 400 ribu barel per hari (bph) ke pasar setiap bulan. Namun, OPEC+ kemudian merevisi prospek permintaan 2022 dan menghadapi tekanan AS untuk meningkatkan produksi lebih cepat. Sementara dampak pandemi covid-19 terus menimbulkan ketidakpastian, fundamental pasar telah menguat dan persediaan negara OECD terus turun seiring percepatan pemulihan.

Sementara, Badan Informasi energi AS (EIA) menyatakan stok bensin AS naik 1,3 juta barel pekan lalu. Para analis memperkirakan penurunan 1,6 juta barel karena peningkatan infeksi covid-19.

Harga minyak mentah AS diperkirakan akan tetap di bawah tekanan seiring produksi minyak dan gas lepas pantai di Teluk Meksiko pulih bertahap. Namun, operasi kembali kilang-kilang di Louisiana yang ditutup oleh Badai Ida dapat memakan waktu berminggu-minggu, menurut para analis.
 

Terpopuler