Komoditi | Kamis, 16 September 2021 - 10:10 WIB

Harga Minyak Naik Pengaruh Lonjakan Permintaan

Harga Minyak Naik Pengaruh Lonjakan Permintaan

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

16 September 2021

10:10 WIB

Harga minyak melonjak pada akhir perdagangan Rabu, (16/9) waktu setempat. Kenaikan terjadi setelah data pemerintah menunjukkan penarikan yang lebih besar dari perkiraan dalam persediaan minyak mentah AS. Selain itu, ekspektasi permintaan akan meningkat karena peluncuran vaksinasi meluas. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober bertambah US$2,15 dolar AS menjadi US$72,61 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan, minyak mentah Brent untuk pengiriman November naik US$1,86 menjadi ditutup pada US$75,46 dolar per barel di London ICE Futures Exchange. Di awal sesi, Brent sempat menyentuh US$76,13 per barel, harga kontrak tertinggi tertinggi sejak akhir Juli. Stok minyak mentah AS turun pekan lalu ke level terendah sejak September 2021. Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan akan memperpanjang penarikan mereka setelah Badai Ida yang melanda akhir Agustus menutup banyak kilang dan produksi pengeboran lepas pantai.

Persediaan minyak mentah dan sulingan AS pekan lalu turun lebih dari perkiraan analis. Sementara stok bensin juga turun, tetapi sedikit di bawah ekspektasi analis. Persediaan minyak mentah turun 6,4 juta barel dalam seminggu hingga 10 September menjadi 417,4 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk penurunan 3,5 juta barel. Penarikan minyak mentah dan produk besar yang mendukung kompleks energi. Badai tropis yang baru saja datang memperlambat upaya pemulihan dari Badai Ida dan terus melihat dampak dari Ida untuk beberapa laporan berikutnya. 
 

Terpopuler