Komoditi | Rabu, 27 Maret 2019 - 09:09 WIB

Harga Minyak Naik Karena Stok Menipis

Harga Minyak Naik Karena Stok Menipis

Author:

Melia Purvita Sari

Komoditi

27 Maret 2019

09:09 WIB

Harga minyak naik hampir 2 persen pada hari Selasa (Rabu pagi WIB) karena perhatian terpusat pada faktor geopolitik yang memperketat pasokan dan mengarah pada penurunan ekspor dari Venezuela serta menurunnya persediaan Amerika Serikat (AS).
 
Meskipun ada kekhawatiran tentang permintaan yang lebih lemah karena perlambatan ekonomi, harga minyak telah mengalami kenaikan lebih dari 25 persen tahun ini, didukung oleh pembatasan pasokan oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, dan kerugian akibat sanksi AS terhadap Iran dan Venezuela.
 
Dilansir dari Reuters, pada hari Rabu (27.03.2019), pelabuhan ekspor minyak utama Jose Jose dan empat fasilitas pengolahan minyak mentahnya tidak dapat melanjutkan operasi menyusul pemadaman listrik besar-besaran pada hari Senin. Pemadaman ini merupakan kali kedua dalam sebulan, menurut pekerja industri dan pemimpin serikat pekerja yang dekat dengan fasilitas.
 
"Tidak ada listrik, semuanya lumpuh," kata pemimpin serikat pekerja minyak Jose Bodas kepada Reuters.
 
Pemadaman awal bulan ini, karena kurangnya investasi selama bertahun-tahun dan kurangnya perawatan, juga mengganggu ekspor minyak di Jose, sumber kehidupan ekonomi negara OPEC, mengikis total volume ekspor dan menyebabkan penundaan pemuatan dan pemakaian minyak.
 
"Kami melihat semakin banyak perhatian diberikan pada apa yang sedang terjadi di Venezuela dan dampak sanksi," ujar dia. "Pembeli mendorong harga minyak lebih tinggi karena ekspektasi bahwa pengetatan keringanan sanksi AS terhadap Iran akan menciptakan gambaran fundamental yang lebih ketat."
 
Harga minyak Brent naik USD 76 sen menjadi USD 67,97 per barel, tidak jauh dibawah level tertinggi tahun ini di kisaran USD 68,69, yang dicapai pada tanggal 21 Maret.


Sementara untuk harga minyak mentah AS USD 1,12 atau 1,9 persen menjadi USD 59,94 per barel, di depan data inventaris pemerintah. Harga minyak mentah berjangka sedikit berubah dalam perdagangan pasca-penyelesaian setelah American Petroleum Institute, sebuah organisasi perdagangan, mengatakan persediaan minyak mentah AS naik 1,9 juta barel dalam minggu terakhir. Pasar sedang menunggu untuk melihat apakah angka resmi yang dijadwalkan pada hari Rabu mengkonfirmasi data API atau sesuai dengan perkiraan yang memperkirakan penurunan 1,2 juta barel.
 
Kekhawatiran tentang permintaan telah membatasi reli minyak karena data manufaktur dari Asia, Eropa dan Amerika Serikat menunjukkan perlambatan ekonomi, meskipun taruhan bullish oleh beberapa investor meningkat.
 
Kekhawatiran investor terhadap ekonomi global telah meningkat pada hari Jumat setelah data pabrik Jerman dan AS yang mengecewakan menyebabkan inversi kurva yield Treasury AS, yang beberapa orang lihat sebagai indikator utama resesi.
 
"Risiko resesi telah meningkat ke level tertinggi sejak tahun 2008," kata Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank.
 

Terpopuler