Komoditi | Kamis, 28 April 2022 - 09:09 WIB

Harga Minyak Mentah Meningkat Hari Ini

Harga Minyak Mentah Meningkat Hari Ini

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

28 April 2022

09:09 WIB

Harga minyak mentah dunia naik hari ini. Kenaikan harga minyak didorong oleh kekhawatiran pasar terhadap ketatnya pasokan global. Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juni menguat 33 sen menjadi US$105,32 per barel. Sementara, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Juni naik 32 sen menjadi US$102,02 per barel.

Pasar rebound di akhir sesi setelah melemah hampir sepanjang hari. Hal tersebut terjadi karena penguatan dolar dan lockdown di China yang membuat permintaan minyak menurun. Menurut Badan Informasi Energi AS (EIA), stok minyak mentah hanya naik 692.000 barel pekan lalu. Angka tersebut jauh dibandingkan dengan ekspektasi mereka.

Pasar energi di seluruh dunia menghadapi gangguan pasokan secara besar-besaran menyusul invasi Rusia ke Ukraina. Invasi itu membuat negara Barat menjatuhkan beragam saksi kepada Rusia, termasuk melarang impor minyak dari Negeri Beruang Merah. Shell Inggris mengungkapkan bahwa tidak akan lagi menerima minyak sulingan yang dicampur dengan produk Rusia. Sementara, Exxon Mobil telah keluar dari operasi Sakhalin-1 di timur jauh Rusia.

Tindakan Rusia menghentikan pasokan gas ke Polandia dan Bulgaria dinilai menambah kekhawatiran pasar. Hal tersebut dilakukan karena kedua negara itu menolak untuk membayar transaksi menggunakan mata uang rubel. Permintaan Rusia untuk bertransaksi menggunakan rubel bisa terjadi pada jual beli minyak. Rusia menginginkan pembayaran dalam rubel untuk gas, dan ketakutannya adalah bahwa tidak lama lagi mereka mungkin ingin melakukan hal yang sama dengan minyak.
 

Terpopuler