Komoditi | Jumat, 17 Juni 2022 - 11:11 WIB

Harga Minyak Menguat Lagi  

Harga Minyak Menguat Lagi  

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

17 Juni 2022

11:11 WIB

Harga minyak dunia naik pada penutupan perdagangan hari ini.  Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus naik naik US$1,30  atau 1,1 persen ke US$119,81 per barel. Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli menguat US$2,27 atau 2 persen ke US$117,58 per barel.

Kenaikan tersebut terjadi setelah Amerika Serikat mengumumkan sanksi baru terhadap Iran dan ketika pasar energi fokus pada mengetatnya pasokan yang berpotensi makin mendongkrak harga minyak tahun ini.

Sentimen itu membuat tekanan harga minyak yang sempat terjadi akibat kenaikan suku bunga di Amerika Serikat, Inggris dan Swiss pada hari sebelumnya menjadi berkurang. Pasalnya, setelah sentimen suku bunga mereda dan pasar melakukan aksi jual, pembeli kembali melakukan aksi beli demi mengantisipasi pengetatan pasokan yang mungkin terjadi. Masalah pasokan itu banyak dan saat ini tidak ada perlambatan permintaan global sehingga peluang kenaikan terbuka. 

Permintaan minyak juga diperkirakan akan tumbuh lebih dari 2 persen ke rekor 101,6 juta barel per hari pada tahun depan akibat didorong peningkatan permintaan minyak China.
 

Terpopuler