Komoditi | Rabu, 29 Juni 2022 - 10:10 WIB

Harga Minyak Menguat Hari Ini

Harga Minyak Menguat Hari Ini

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

29 Juni 2022

10:10 WIB

Harga minyak dunia menguat sekitar dua persen pagi ini. Penguatan terjadi di tengah kekhawatiran pasar terhadap risiko penurunan pasokan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus naik US$2,19 atau 2 persen ke US$111,76 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus menguat US$2,89 atau 2,5 persen ke US$117,98 per barel di London ICE Futures Exchange.

Sisi penawaran menjadi faktor utama pemicu kenaikan harga minyak. Awal pekan ini, Perusahaan Minyak Nasional milik Libya tengah mempertimbangkan untuk menyatakan keadaan force majeure di wilayah Teluk Sirte dalam waktu 72 jam kecuali produksi dan pengiriman dilanjutkan. Ini mengancam untuk lebih mengurangi produksi minyak Libya, yang telah turun sekitar setengah menjadi sekitar 600 ribu barel per hari sebagai akibat dari protes.

Minggu lalu, Kementerian Energi Ekuador menyatakan akan menangguhkan produksi minyak dalam 48 jam apabila protes warga sipil dan blokade jalan terus berlanjut. Selain itu, pedagang juga masih menunggu data stok minyak mentah AS. Rencananya, Badan Informasi Energi (EIA) akan merilis laporan status minyak mingguannya pada Rabu waktu setempat.
 

Terpopuler