Komoditi | Jumat, 17 Desember 2021 - 09:09 WIB

Harga Minyak Dunia Terdongkrak Optimisme The Fed

Harga Minyak Dunia Terdongkrak Optimisme The Fed

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

17 Desember 2021

09:09 WIB

Harga minyak mentah dunia naik sekitar 2 persen pada akhir perdagangan kemarin. Kenaikan harga minyak ditopang oleh optimisme The Fed, bank sentral AS, terhadap ekonomi yang mampu mengalahkan kekhawatiran penyebaran varian omicron. Selain itu juga terjadi peningkatan permintaan minyak AS. Di sisi lain, pasokan minyak mentah mulai menurun.

Minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari terdongkrak 1,5 persen menjadi US$75,02 per barel. Sedangkan, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) pengiriman Januari melompat 2,1 persen menjadi US$72,38 per barel.

Harga minyak menguat bersama aset-aset berisiko lainnya, seperti ekuitas, setelah The Fed memberikan prospek ekonomi yang optimis. Sehingga, investor semangat, meskipun bank sentral AS itu akan mengakhiri stimulus moneter.

Badan Informasi Energi AS (EIA) menyebut bahwa pasokan di kilang-kilang minyak, proksi untuk permintaan, melonjak dalam beberapa pekan terakhir menjadi 23,2 juta barel per hari. Angka itu menunjukkan latar belakang ekonomi yang sehat. Sementara, ekspor minyak mentah pada Oktober naik selama 6 bulan berturut-turut ke level tertingginya sejak April 2020 lalu.
 

Terpopuler