Komoditi | Rabu, 20 Juli 2022 - 09:09 WIB

Harga Minyak Dunia Naik Pengaruh Sentimen Pasar

Harga Minyak Dunia Naik Pengaruh Sentimen Pasar

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

20 Juli 2022

09:09 WIB

Harga minyak dunia menguat sekitar 1 persen pada perdagangan hari ini. Penguatan dipicu oleh kekhawatiran pasar terhadap pengetatan pasokan dan pelemahan dolar AS. Harga minyak mentah berjangka Brent naik US$1,08 atau 1 persen ke US$107,35 per barel. Harga tersebut merupakan yang tertting sejak 4 Juli 2022.

Penguatan juga terjadi pada harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) US$1,62 atau 1,6 persen ke US$104,22 per barel, tertinggi sejak 8 Juli 2022. Minyak mentah melakukan perputaran yang luar biasa hari ini. Beberapa waktu lalu, harga minyak sempat terseret lantaran kekhawatiran pasokan di tengah sanksi Barat terhadap Rusia yang dilawan oleh langkah bank sentral untuk menjinakkan inflasi. Risiko resesi juga menekan proyeksi permintaan energi.

Sementara itu, pipa AS-Kanada Keystone beroperasi pada kapasitas yang dikurangi pada Senin lalu setelah stasiun pompa ditutup. Pekan lalu, Presiden AS Joe Biden mengunjungi pengekspor minyak utama Arab Saudi, pemimpin de facto Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang ekspor minyak mentahnya tergelincir pada Mei ke level terendah empat bulan. Untuk mencapai kesepakatan terkait peningkatan produksi minyak diharapkan dapat menjinakkan harga bahan bakar. Namun masalah pasar bukanlah kekurangan minyak mentah tetapi kurangnya kapasitas penyulingan. Di Amerika Serikat, ekspektasi untuk peningkatan persediaan minyak mentah membebani harga. Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan persediaan minyak mentah naik 1,4 juta barel pekan lalu.
 

Terpopuler