Komoditi | Selasa, 06 September 2022 - 11:11 WIB

Harga Minyak Dunia Naik 3 Persen

Harga Minyak Dunia Naik 3 Persen

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

06 September 2022

11:11 WIB

Harga minyak dunia naik 3 persen pagi ini. Kenaikan harga minyak mentah terjadi karena OPEC dan sekutunya (OPEC+) menyetujui pengurangan produksi minyak sebesar 100 ribu barel per hari.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) tumbuh 2,3 persen persen menjadi US$88,85 per barel setelah sebelumnya juga menguat 0,3 persen. Minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan melonjak 2,92 persen menjadi US$95,74 per barel.

Pengurangan minyak sebesar 100 ribu barel per hari setara 0,1 persen dari permintaan global. Kelompok tersebut juga sepakat mereka dapat bertemu kapan saja untuk menyesuaikan produksi sebelum jadwal pertemuan selanjutnya pada 5 Oktober mendatang. Ini adalah pesan simbolis yang ingin dikirim kelompok itu ke pasar lebih dari apa pun.

Produsen utama OPEC, Arab Saudi, mengisyaratkan kemungkinan pengurangan produksi minyak untuk mengatasi apa yang dilihatnya sebagai penurunan harga minyak yang berlebihan di bulan sebelumnya. Negara itu kemungkinan besar akan mengurangi produksi minyaknya sekitar 2 persen pada tahun ini.

Harga minyak dunia telah anjlok dalam tiga bulan terakhir akibat tertekan oleh kenaikan suku bunga acuan dan pembatasan di China akibat covid-19 yang memperlambat pertumbuhan ekonomi global dan mengurangi permintaan minyak.
 

Terpopuler