Komoditi | Kamis, 14 Juli 2022 - 09:09 WIB

Harga Minyak Dunia Menguat Meski Ada Lonjakan Inflasi AS

Harga Minyak Dunia Menguat Meski Ada Lonjakan Inflasi AS

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

14 Juli 2022

09:09 WIB

Harga minyak mentah dunia menguat tipis 0,5 persen di tengah lonjakan inflasi AS hari ini. Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) menguat 0,5 persen menjadi US$96,3 per barel. Begitu juga dengan harga minyak mentah Brent menguat 0,1 persen ke level US$99,57 per barel. Tingkat persediaan masih cukup rendah di seluruh dunia dan itu menjadi faktor besar dalam reli ini.

Sementara, minyak mentah Forties dan minyak mentah Midland AS diperdagangkan dengan harga premium di pasar berjangka. Minyak mentah Forties, salah satu yang menopang kontrak berjangka Brent, ditawar pada rekor premium tertinggi dengan patokan US$5,35 per barel kemarin. Lalu, harga minyak Midland AS berada di premium US$1,5 per barel.

Di sisi lain, kebijakan lockdown di China membebani pasar karena impor minyak mentah China turun ke level terendah dalam empat tahun pada Juni 2022. Masalah permintaan mengejar harga tinggi. Dolar AS menyebabkan tekanan turun pada semua komoditas. Ada perubahan mentalitas selama beberapa minggu terakhir. OPEC+ memperingatkan permintaan minyak akan melemah. Hal ini khususnya dari negara-negara besar.
 

Terpopuler