Komoditi | Senin, 11 Juli 2022 - 12:12 WIB

Harga Minyak Dunia Jatuh Lagi

Harga Minyak Dunia Jatuh Lagi

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

11 Juli 2022

12:12 WIB

Harga minyak mentah dunia menurun lebih dari 4 persen sepanjang pekan lalu. Koreksi harga minyak terjadi karena pasar khawatir permintaan BBM menurun di tengah potensi resesi ekonomi yang mengintai banyak negara.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 4,1 persen pada pekan lalu. Begitu juga dengan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) AS terkoreksi 3,4 persen sepanjang pekan lalu. Saat ini, sudah banyak bank sentral di dunia yang melakukan pengetatan moneter dengan mengerek suku bunga acuan untuk menekan inflasi. Hal itu akan membuat biaya pinjaman semakin tinggi dan menghambat proses pemulihan ekonomi. Belum lagi, keputusan China yang melakukan penguncian wilayah (lockdown) membuat investor semakin khawatir permintaan bahan bakar akan turun.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman September naik US$2,37 atau 2,3 persen menjadi US$107,2 per barel pada Jumat (8/7) waktu AS atau Sabtu (9/7) waktu Indonesia. Harga minyak WTI AS untuk pengiriman Agustus juga naik US$2,06 atau 2 persen menjadi US$104,79 per barel.

Sejumlah pihak menilai kebijakan negara Barat yang melarang impor minyak dari Rusia justru berpotensi membuat harga minyak menguat. Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan negara Barat bahwa sanksi lanjutan untuk Moskow bakal membuat harga energi semakin mahal. Hal itu akan menjadi bencana bagi konsumen di seluruh dunia.
 

Terpopuler