Komoditi | Rabu, 09 Pebruari 2022 - 10:10 WIB

Harga Minyak Dunia Jatuh 2 Persen

Harga Minyak Dunia Jatuh 2 Persen

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

09 Pebruari 2022

10:10 WIB

Harga minyak dunia jatuh lebih dari 2 persen pada akhir perdagangan kemarin. Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman April merosot 2,1 persen menjadi US$90,78 per barel.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Maret juga melorot 2,1 persen menjadi US$89,36 per barel.

Penurunan harga minyak terjadi usai dimulainya kembali diskusi tidak langsung antara AS dengan Iran yang dapat menghidupkan lagi perjanjian nuklir internasional. Kesepakatan AS dan Iran tersebut bisa mengembalikan lebih dari 1 juta barel per hari minyak Iran ke pasar global, meningkatkan pasokan hingga satu persen.

Harga acuan minyak global diyakini akan menghadapi kemunduran ekstrem dalam beberapa bulan mendatang. Pemerintah AS berusaha menjinakkan harga minyak dengan merundingkan perjanjian nuklir baru dengan Iran.

Diketahui, delapan kali pembicaraan tak langsung antara AS dan Iran sejak April lalu belum juga menghasilkan kesepakatan pakta nuklir 2015. Perbedaan di antara kedua pihak tetap mengenai pencabutan sanksi. Sebelumnya, harga minyak melonjak karena kenaikan permintaan global, ketegangan antara Rusia dan Ukraina, hingga gangguan pasokan dari Libya, termasuk beberapa produsen utama minyak yang tergabung dalam OPEC dan sekutunya (OPEC+).

Terpopuler