Komoditi | Kamis, 28 Januari 2021 - 11:11 WIB

Harga Minyak Bergerak Dua Arah

Harga Minyak Bergerak Dua Arah

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

28 Januari 2021

11:11 WIB

Harga minyak sedikit beragam pada akhir perdagangan Rabu waktu Amerika Serikat (AS). Dikutip dari Antara pada Kamis , harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Maret ditutup di level US$52,85 per barel atau naik 24 sen. Sementara itu patokan global minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Maret turun 10 sen ke US$55,81 per barel.

Pergerakan itu terjadi di tengah penurunan tajam persediaan minyak mentah AS. Data pemerintah setempat menunjukkan stok minyak mentah AS turun hampir 10 juta barel pekan lalu ke level terendah sejak Maret. Itu mengejutkan pasar yang sedang memperkirakan peningkatan stok moderat. Pasar diarahkan oleh penurunan pasokan minyak mentah yang signifikan karena industri penyulingan terus mengubah surplus minyak mentah menjadi produk-produk penyulingan.

Pergerakan juga terjadi  di tengah keputusan Federal Reserve AS mempertahankan suku bunga acuan mendekati nol  demi mempertahankan dukungan moneter di tengah pandemi. Memang di tengah sentimen positif itu, minyak mendapatkan bandul pemberat dari kenaikan jumlah kasus virus corona global yang telah melampaui 100 juta kasus. Kekhawatiran permintaan akan tetap membayangi harga minyak untuk beberapa waktu.

Ditambah China sebagai konsumen minyak terbesar kedua, baru-baru ini mengalami kebangkitan virus corona. Data resmi China menunjukkan 75 kasus baru covid-19 yang dikonfirmasi pada Rabu (27/1). Itu merupakan kenaikan harian terendah sejak 11 Januari.
---

 

Terpopuler