Komoditi | Senin, 03 Mei 2021 - 09:09 WIB

Harga Minyak Anjlok Hari Ini

Harga Minyak Anjlok Hari Ini

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

03 Mei 2021

09:09 WIB

Harga minyak dunia anjlok pada akhir pekan lalu karena minim permintaan dari India. Hal ini terjadi sejalan dengan kebijakan penguncian wilayah (lockdown) di negara tersebut dan penerapan pembatasan dari negara lain ke India karena kekhawatiran terhadap penyebaran variasi baru covid-19.

Dikutip dari Antara, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juni jatuh US$1,31 atau 1,9 persen menjadi US$67,25 per barel di London ICE Futures Exchange. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni anjlok US$1,43 atau 2,2 persen menjadi US$63,58 per barel di New York Mercantile Exchange.

Penurunan harga minyak Brent dan WTI tersebut merupakan yang tertinggi dalam tiga minggu terakhir. Namun, secara bulanan, harga minyak Brent masih mencatatkan pertumbuhan sekitar 6 persen, sementara WTI 8 persen.

Analis Senior Price Futures Group Phil Flynn mengatakan penurunan harga minyak pada akhir pekan terjadi karena ada pembatasan aktivitas keluar-masuk India dari sejumlah negara, salah satunya Amerika Serikat. Padahal, India merupakan konsumen minyak terbesar ketiga di dunia.
Masalah terbesar adalah laporan yang keluar dari India tentang covid-19. Ketidakpastian itu membuat pasar gelisah.

Selain India, penurunan harga minyak juga terjadi karena minim permintaan dari Jepang. Data impor minyak negeri sakura itu mencatat volume impor minyak turun 25 persen menjadi 2,34 juta barel per hari.
 

Terpopuler