Komoditi | Rabu, 24 Juli 2019 - 08:08 WIB

Harga Emas Tergelincir karena Penguatan Dolar AS

Harga Emas Tergelincir karena Penguatan Dolar AS

Author:

Melia Purvita Sari

Komoditi

24 Juli 2019

08:08 WIB

Harga emas turun pada penutupan perdagangan pada hari Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta), tertekan penguatan dolar AS. Meskipun data ekonomi AS tak menunjukkan perbaikan, namun dolar AS tetap mampu menguat karena sentimen penurunan suku bunga Bank Sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed).


Mengutip CNBC, pada hari Rabu (24.07.2019), harga emas di pasar spot mengalami penurunan sebesar 0,43 persen ke level USD 1.418,63 per ounce, setelah sempat menyentuh level terendah selama sesi tersebut di USD 1.413,80 per ounce.
 
Harga emas sempat naik tinggi menyusul penjualan rumah AS yang lebih lemah dari perkiraan para analis dan ekonom.
 
Sedangkan untuk harga emas berjangka AS turun 0,51 persen di angka USD 1.419,6 per ounce.
 
"Data perumahan yang sebenarnya tidak terlalu berdampak banyak tampaknya memicu aksi beli emas. Namun itu tak berlangsung lama," jelas analis.
 
"Harga emas kemungkinan akan tetap dalam koridor USD 1.414 per ounce sampai dengan 1.435 per ounce," ia memprediksikan.
 
Dolar AS menguat dan bertahan di dekat level tertinggi dalam lima minggu, didukung oleh kesepakatan untuk memperpanjang batas utang pemerintah AS.
 
"Saya pikir harga emas terkunci dalam kisaran ini," kata dia.
 
"Harga berbalik ketika berita tentang Boris Johnson terpilih. Ada alokasi dana untuk emas hanya karena risiko Brexit tidak ada kesepakatan." tutur dia.
 
Untuk diketahui, hasil jajak pendapat di Parlemen Inggris menunjuk Boris Johnson sebagai calon terkuat untuk menjabat Perdana Menteri Inggris yang baru.
 
Johnson menang suara sebagai pemimpin Konservatif, mengalahkan Jeremy Hunt dalam pemilihan kepemimpinan partai, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian.
 
Mantan wali kota London, yang telah lama digadang untuk memimpin negaranya, memenangkan pemilihan dengan selisih tegas antara 92.153 dan 46.656 suara, atau dengan kata lain sebanyak 66 persen.
 

Terpopuler