Komoditi | Jumat, 27 September 2019 - 09:09 WIB

Harga Emas Menguat Usai Menurun Tajam

Harga Emas Menguat Usai Menurun Tajam

Author:

Melia Purvita Sari

Komoditi

27 September 2019

09:09 WIB

Harga emas dunia menguat setelah sempat turun hampir 2 persen pada sesi sebelumnya, yang memicu minat beli. Kenaikan harga tetap terjadi di tengah penguatan Dolar Amerika Serikat (AS).
 
Melansir laman Reuters,pada hari Jumat (27.09.2019), harga emas di pasar spot mengalami kenaikan sebesar 0,3 persen menjadi USD 1.507,87 per ounce. Sementara untuk harga emas berjangka menguat 0,2 persen menjadi USD 1.515,20.
 
"Kami melihat peningkatan volume dalam dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) untuk memposisikan emas pada aksi jual. Ini menunjukkan bahwa penurunan mendorong pembelian oleh investor," kata dia.
 
Sebagai bukti sentimen investor dalam emas, kepemilikan SPDR Gold Trust, melonjak menjadi 924,94 ton pada hari Rabu, naik 1,8 persen dari hari sebelumnya.
 
Namun, seakan menolak daya tarik emas, Dolar AS menguat menuju puncak tertingginya dalam tiga minggu dipengaruhi ketidakpastian politik di Amerika Serikat.
 
Kondisi ini seiring penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump yang mendorong para investor mencari investasi yang aman.
 
Komite Intelijen AS merilis versi yang tidak diklasifikasikan dari laporan whistleblower yang menuduh bahwa Trump menggunakan kantornya untuk meminta campur tangan dalam pemilihan presiden 2020 dari negara asing
 
Perkembangan baru terkait dengan Ukraina, mendorong indeks saham AS dan yield Treasury turun, mengimbangi sinyal perdagangan positif dari China.
 

Terpopuler