Komoditi | Selasa, 06 Agustus 2019 - 08:08 WIB

Harga Emas Melonjak ke Level Tertinggi dalam 6 Tahun

Harga Emas Melonjak ke Level Tertinggi dalam 6 Tahun

Author:

Melia Purvita Sari

Komoditi

06 Agustus 2019

08:08 WIB

Harga emas naik 2 persen pada perdagangan di hari Senin ke level tertinggi dalam enam tahun seiring memburuknya konflik perdagangan Amerika Serikat (AS) dengan China. Pada perdagangan di awal pekan tersebut, investor mulai membuang aset-aset berisiko dan mencari perlindungan ke instrumen yang aman seperti emas.
 
Selain itu, nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) yang melemah juga menjadi tenaga bagi harga emas untuk melonjak ke level tertinggi.
 
Mengutip CNBC, pada hari Selasa (06.08.2019), harga emas di pasar spot mengalami kenaikan sebesar 1,4 persen ke level USD 1.460,60 per ounce , setelah sebelumnya menyentuh level tertinggi sejak Mei 2013 di USD 1.469,60 per ounce.
 
Sedangkan harga emas berjangka juga naik 1,1 persen ke level USD 1.473 per ounce.
 
Pembicaraan perang dagang berlarut-larut. Pada hari Jumat lalu, China mengatakan bahwa akan berjuang melawan keputusan Presiden AS Donald Trump mengenai pengenaan tambahan tarif 10 persen untuk barang=barang impor dari China. Tambahan tarif tersebut bisa mencapai USD 300 miliar.


"Yang mendorong harga emas mencapai level tertinggi adalah ketakutan dari investor. Rencana mengenakan tarif oleh AS ini pasti akan dibalas China," ujar dia.
 
Selain itu menambah ketakutan dari investor adalah ketidakpastian global baik di Eropa, Timur Tengah dan lainnya. Hal ini membuat orang memborong emas.
 
"Harga emas masuk ke pasar bullish dan akan melewati tren kenaikan. Ini hanya permulaan dan saya tidak akan terkejut jika harga emas mencapai USD 1.500 pada bulan November atau Desember nanti," tambah dia.
 
Perang dagang antara AS dengan China memaksa Bank Sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed) untuk memangkas suku bunga. Langkah ini untuk melindungi pertumbuhan ekonomi dari risiko-risiko yang terkait sektor perdagangan.
 
"Semua volatilitas ini, kekhawatiran ini, pelemahan ini, akan berlanjut. Tentu saja emas menjadi instrumen yang tepat untuk berlindung," jelas dia.
 

Terpopuler

Rabu, 13 Pebruari 2019 - 01:01 WIB
Keuangan dan Bisnis
IHSG Diramal Tertekan
Selasa, 29 Januari 2019 - 04:04 WIB
Forex
Wall Street Bergerak Campuran