Komoditi | Rabu, 16 November 2022 - 11:11 WIB

Gangguan Pipa Druzhba Mengakibatkan Harga Minyak Dunia Naik

Gangguan Pipa Druzhba Mengakibatkan Harga Minyak Dunia Naik

Author:

Maulidia Septiani

Komoditi

16 November 2022

11:11 WIB

Harga minyak dunia naik tipis sekitar 1 persen pada perdagangan hari ini. Hal ini dikarenakan ada gangguan pada pipa minyak dunia Druzhba.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik US$0,72 menjadi US$93,86 per barel untuk pengiriman Januari. Kenaikan ini terjadi setelah sebelumnya turun US$2,85. Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) juga menguat US$1,05 menjadi US$86,92 per barel. Pada sesi sebelumnya, harga minyak WTI turun US$3,09 per barel.

Penurunan ini dikarenakan pemberitaan sebelumnya yang mengatakan bahwa pasokan minyak ke Hongaria melalui pipa minyak Druzhba akan diberhentikan sementara karena adanya penurunan produksi. 

Amerika Serikat juga sedang menyelidiki laporan terkait adanya ledakan akibat rudal Rusia yang menewaskan dua orang di sebuah desa Polandia dekat perbatasan Ukraina. Badan Energi Internasional (IEA) menyatakan bahwa larangan Uni Eropa untuk pengiriman minyak mentah Rusia melalui laut akan dimulai ada 5 Desember 2022 dan kebutuhan pasokan 1,1 juta barel per hari akan hilang dan harus dicari penggantinya. Dilihat dari IEA tentang persediaan minyak global, seharusnya menjadi sangat bullish.
 

Terpopuler